TNI Gelar Operasi Simpatik Cegah Peredaran Narkoba di Batas RI – PNG

Satgas Yonif Mekanis 516/CY saat menggelar “Operasi Simpatik di wilayah perbatasan RI - PNG (LintasPapua.com)
Satgas Yonif Mekanis 516/CY saat menggelar “Operasi Simpatik di wilayah perbatasan RI – PNG (LintasPapua.com)

JAYAPURA (LP)  –  Ikut andil dalam upaya pencegahan tindak kejahatan akibat konsumsi Miras maupun penyalahgunaan serta pengedaran Narkoba, khususnya di wilayah perbatasan, Satgas Yonif Mekanis 516/CY dipimpin langsung oleh Dansatgas Pamtas Letkol Inf. Lukman Hakim menggelar “Operasi Simpatik” di perbatasan RI-PNG wilayah Kabupaten Keerom Papua, pekan lalu.

“Tidak bisa kita pungkiri, peredaran Miras dan Narkoba akhir-akhir ini semakin mengkhawatirkan, tak terkecuali di wilayah perbatasan RI-PNG. Hal ini dikhawatirkan akan memicu meningkatnya pelanggaran hukum yang akan terjadi akibat pengaruh dari kedua “Barang Haram” tersebut.

Untuk itu kami Satgas, sebagai ujung tombak pengamanan diwilayah ini, sedapat mungkin kami akan berupaya untuk membantu masyarakat termasuk Pemda Papua dalam hal mencegah peredaran dan penyalahgunaan Miras dan Narkoba di wilayah ini.” Ujar Dansatgas.

Pemerintah Daerah Provinsi Papua telah menerbitkan  Perda tentang larangan mengkonsumsi maupun mengedarkan Miras dan Narkoba, yang diatur dalam Peraturan Daerah Gubernur Papua Nomor 15/2013 tentang Pelarangan Produksi, Pengedaran dan Penjualan Minuman Beralkohol. Ketentuan pidana dalam Perda Gubernur ini berupa ancaman pidana penjara mulai 6 (enam) Bulan sampai dengan 5 (lima) Tahun atau denda mulai Rp. 50.000.000,- sampai dengan Rp. 1.000.000.000,- (Satu Milyar Rupiah).

 

Rencananya “Operasi Simpatik” ini akan dilaksanakan secara rutin oleh Satgas diberbagai titik akses, akan tetapi diharapkan pelaksanaan Operasi Simpatik ini tidak mengganggu kegiatan serta aktivitas warga masyarakat.

 

Dalam kesempatan yang sama, Dansatgas juga mengungkapkan bahwa pelaksanaan Operasi Simpatik ini merupakan salah satu komitmen dari Satgas Yonif Mekanis 516/CY dalam rangka menciptakan suasana yang aman, nyaman dan tenteram serta kondusif di wilayah perbatasan RI-PNG khususnya di Kabupaten Keerom Papua.

TNI GELAR OPERASI SIMPATIK DI BATAS RI - PNG (2)

“Masih Cukup Memprihatinkan”, Kata Dansatgas, karena pada Operasi Simpatik yang dilaksanakan kali ini Satgas Yonif Mekanis 516/CY berhasil mengamankan beberapa senjata tajam dan beberapa jenis Miras diantaranya, 14 kaleng Bir dan 11 botol Miras berbagai merk (Vodka, Mensen, Jeniver dan Whisky) serta 1 cim dan 1 linting ganja kering yang siap konsumsi.

 

Harapan kami, semoga pada Operasi Simpatik berikutnya sudah bisa berkurang bahkan sudah tidak kami temukan lagi barang-barang ini, Pungkasnya sambil menunjuk barang bukti yang didapat.  (Eveerth Joumilena)

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...