Pemda Mimika Diminta Sikapi Masalah Ratusan Pengungsi

Category: Lintas Papua 8 0
Sejumlah Warga Timika yang menjadi Pengungsi di Sentani (Tabloidjubi.com)
Sejumlah Warga Timika yang menjadi Pengungsi di Sentani (Tabloidjubi.com)

JAYAPURA (LP)  – Ratusan pengungsi  yang kini masih berada di Sentani akibat  konflik berkepanjangan di Kwamki Narama (Kwamki Lama) Kabupaten Mimika membuat pengungsi belum mendapat perhatian yang serius dari  pemerintah setempat.

Anggota Komisi B DPRD Kabupaten Mimika, Gerson Harold  Imbir mengatakan, pihaknya sangat kecewa dengan sikap Bupati dan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di Kabupaten Mimika yang lambat dalam menangani masalah pengungsi.

“Selama ini kami dari dewan sangat kecewa dengan sikap pemerintah daerah, padahal Bupati dan jajaran SKPD sudha melakukan rapat menyikapi masalah tersebut, namun SKPD terkait tidak mampu menjalankan perintah bupati dengan baik,” ujar  Gerson Harold  Imbir, saat dikonfirmasi media dari Jayapura, Senin (1/8).

Dikatakan, bahwa apa yang menjadi pemberitaan bahwa adanya pengungsi dari Timika adalah benar, namun dewan hanya bisa mengawasi dan melihat dan tidak bisa sendirian menangani masalah ini.

“Sebab yang berkewenangan adalah bupati, akan tetapi saya melihat bupati belum mendapat update informasi yang benar dari SKPD terkait, sehingga bisa menilai bahwa tidak ada pengungsi asal Mimika di Jayapura,” nilainya.

Baca Juga :  Persipura Akan Hadapi Persija di Solo

Ketika ditanyakan terkait situasi terakhir, Meno Imbir, panggilan akrabnya menjelaskan, bahwa situasi terakhir 1 Agustus 2016 dimana Aparat keamanan melakukan penyisiran  dan bongkar paksa semua yang tersembunyi

“Saya kira ini perlu dilakukan , karena terlalu lama perang empat bulan, sedangkan jika dilihat dari kerugian tentu kita sangat rugi dan banyak anak – anak tidak sekolah, bahkan ekonomi masyarakat macet total, karena orang Papua sibuk saling membunuh, sementara saudara kita yang lain sibuk mencari uang,” tuturnya.

Gerson Imbir yang juga Ketua Fraksi Partai Bulaan Bintang ini berpesan, agar hukum positif diberlakukan secara baik dan pihaknya akan menyurati Bupati Mimika dan memanggil dinas sosial agar segera melihat  nasalah pengungsi.

“Kami di legislatif tidak akan lepas tangan, sebabnya saya akan melaporkan hal ini kepada ketua dewan dan berkoordinasi dengan dinas sosial menangani pengungsi di Jayapura,” katanya.

Diakui, pihak DPRD Mimika sudah melakukan berbagai upaya perdamaian , namun memang tidak hanya bicara saja, tetapi kedua belah pihak haarus bsia berdamai.

Baca Juga :  600 Penyu Belimbing Anak Dilepaskan di Pantai Skouw Yambe

“Dewan juga baru  terima informasi, sehingga akan melakukan langkah – langkah positif untuk melihat pengungsi,” akuinyua.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Mimika, Ausilius You yang sempat dihubungi untik diminta keterangan, belum dapat dilakukan, karena sedang menghadiri acara Pekan Daerah Papua di Lapangan Timika Indah. (Eveerth Joumilena)

Related Articles