Pangdam XVII/Cenderawasih Silaturahmi Dengan Etnis Tionghoa

Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Hinsa Siburian foto bersama warga Etnis Tionghoa (LintasPapua.com)
Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Hinsa Siburian foto bersama warga Etnis Tionghoa (LintasPapua.com)

JAYAPURA (LP)  – Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Hinsa Siburian menerima kunjungan sekaligus  silaturahmi dari perkumpulan warga Etnis Tionghoa\pada Selasa 2 Agustus 2016 bertempat di Ruang Cycloop Makodam.

Pangdam menyambut baik silaturahmi Perkumpulan etnis Tionghoa dan ini juga untuk mewujudkankesetaraan dan penghapusan perlakuan diskriminasiterhadap masyarakat Etnis Tiongha. Sekitar 14 orang warga Tiongha pimpinan Bapak Frans Leo ikut hadir dalam kegiatan ini.

Pada kesempatan tersebut Pangdam menyampaikan, “ Kita perlu menjaga persatuan masyarakat di seluruh wilayah Indonesia. Kita harus belajar dari masalah Tanjung Balai bahwa kita tidak perlu saling menyalahkan  tetapi harus menghormati. Di Papua kita tetap berupaya untnk tidak terjadi konflik masalah agama.

Indonesia memiliki center of grafity yaitu Pancasila terutama sila ke-3, Persatuan Indonesia. Inilah yang menjadi pemersatu kita menjadi bangsa Indonesia,” kata Pangdam.

Warga Tionghoa memiliki potensi khas yang bisa menjadi kekuatan strategis untuk membangun kemandirian bangsa Indonesia, khususnya di bidang perekonomian.  Masyarakat Tionghoa itu punya etos kerja yang tinggi dan kemampuan menumbuhkan perekonomian. Hal ini tentu sangat penting dalam upaya memperkokoh industri nasional.

 

Dengan peran warga Tionghoa yang suka bekerja keras dan pantang mundur diharapkan dapat membantu masyarakat untuk  mewujudkan kemandirian di wilayah Papua dan Papua Barat, untuk itu dengan modal kekayaan sumber daya alam dan keanekaragaman masyarakat diharapkan dapat membantu meningkatkan perekonomian untuk kesejahteraan masyarakat khususnya di Papua dan Papua Barat.

 

Ke depan Pangdam punya harapan agar potensi yang ada pada masyarakat Tionghoa untuk membantu pembangunan masyarakat Papua. Misalnya usaha untuk membantu di bidang pasar yang dikelola masyarakat Papua, atau membantu home industri dengan memberdayakan masyarakat lokal untuk membuat produk olahan lokal, atau dalam bidang pemasarannya. Pangdam juga berharap selalu menjaga persatuan dan kerukunan antar umat beragama agar Papua ini tetap aman, tenteram dan kondusif.

 

 

Frans Leoperwakilan dari Etnis Tiongha Papua menyampaikan, “berbicara tentang Papua memang kompleks. Pemerintah sebenarnya sudah berbuat banyak untuk membangun Papua. Ucapan terimakasih dari Bpk. Frans dari etnis Tionghoa atas kegiatan ini, sehingga dapat mengakomodir segala permasalahan yang ada di masyarakat.

Turut hadir dalam giat tersebut Para Asisten Kasdam XVII/Cenderawasih, Kapendam dan Kabalak lainnya. (Eveerth Joumilena)

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...